Senin, 11 Mei 2015

Bagaimana Cara Menemukan Tujuan Hidup Anda Dalam 20 Menit ?

Bagaimana cara menemukan tujuan hidup yang sebenarnya dalam hidup Anda ini? Saya tidak berbicara tentang pekerjaan Anda, tanggungjawab harian Anda, ataupun tujuan jangka panjang Anda. Yang saya maksud adalah alasan nyata mengapa Anda berada disini – alasan kenapa Anda hidup.


Mungkin Anda orang yang tidak punya tujuan dan hidup ini tidak ada artinya. Tidak masalah. Tidak percaya bahwa Anda punya tujuan tidak akan menghalangi Anda untuk menemukannya, seperti halnya ketika Anda kurang percaya pada gravitasi tidak akan menghalangi anda untuk tidak tersandung dan jatuh. Kurang percaya pada sesuatu hanya akan membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa mempercayainya, jadi jika Anda salah satu dari orang-orang tersebut, ganti saja angka 20 pada judul artikel ini dengan angka 40, 60, 100 atau bahkan seumur hidup jika Anda memang benar – benar keras kepala. Kemungkinan besar jika Anda berpikir dan tidak percaya bahwa Anda memiliki tujuan, kemungkinan besar Anda tidak akan percaya dengan apapun yang saya katakan, meskipun demikian tidak salahnya meluangkan sedikit waktu untuk membaca dan menambah sedikit pengetahuan.



Ini cerita tentang Bruce Lee yang menetapkan tingkatan-tingkatan dalam latihan kecilnya. Seorang seniman master bela diri meminta pada Bruce untuk mengajarinya segala hal yang diketahui Bruce tentang seni bela diri. Bruce memegang dua cangkir berisi air. “Cangkir pertama” kata Bruce, “mewakili semua pengetahuanmu tentang seni bela diri. Cangkir kedua mewakili pengetahuanku tantang seni bela diri. Jika kamu ingin menuangkan cangkirmu dengan pengetahuanku, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengosongkan cangkir pengetahuanmu.”

Jika Anda inginmenemukan tujuan hidup anda dengan benar, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengosongkan pikiran Anda dari semua tujuan palsu yang pernah diajarkan pada Anda (termasuk pikiran bahwa mungkin anda tidak memiliki tujuan sama sekali)
Jadi bagaimana cara menemukan tujuan hidup? Meskipun ada banyak cara untuk menemukan tujuan hidup, berikut adalah salah satu cara sederhana yang dapat dilakukan siapa saja. Semakin Anda terbuka pada proses ini akan semakincepat pula bekerja pada diri Anda. Tetapi jika Anda tidak terbuka dan ragu-ragu atau berpikir hal ini konyol dan tidak berarti dan buang-buang waktu – sekali lagi, ini hanya akan membutuhkan waktu lebih lama.

Berikut yang harus Anda lakukan:
1. Siapkan selembar kertas kosong dan bolpoin atau pensil, atau buka aplikasi yang dapat digunakan untuk mengetik.
2. Tulis pada bagian atas, “Apa sebenarnya tujuan hidup kita?”.
3. Tulis sebuah jawaban (jawaban apa saja) yang muncul di kepala Anda. Tidak perlu secara panjang lebar. Cukup sebuah kalimat pendek yang baik.
4. Ulangi langkah ke-3 hingga Anda menulis jawaban yang dapat membuat Anda menangis. Inilah tujuan Anda.

Itu dia. Bukan sebuah masalah jiika Anda seorang penasihat atau insinyur atau olahragawan. Bagi beberapa orang latihan ini dapat menimbulkan perasaan yang sempurna dan nyaman. Bagi beberapa orang ini akan terlihat sepenuhnya konyol. Biasanya latihan ini memerlukan waktu 15-20 menit untuk menjernihkan pikiran Anda dari kekacauan dan kondisi sosial tentang tentang tujuan hidup. Jawaban yang salah datang dari pikiran dan memori masa lalu Anda. Tetapi pada akhirnya ketika jawaban yang sebenarnya datang, jawaban ini akan terasa seperti datang dari tempat yang sangat berbeda.

Bagi mereka yang rendah kesadaran hidupnya, ini akan memakan waktu yang lebih lama karena mereka akan menghabiskan jawaban-jawaban palsu terlebih dahulu, mungkin lebih dari satu jam atau lebih. Tetapi jika Anda mampu bertahan, setelah 100 atau 200 jawaban mungkin 500 jawaban, Anda akan terkesima oleh jawaban tersebut dan menimbulkan getaran emosi, jawaban tersebut merubah Anda. Jika Anda tidak mampu menyelesaikan latihan ini, ini mungkin terdengar konyol untuk Anda. Jadi biarkan ini terlihat konyol, dan lakukan saja.

Pada beberapa poin selama latihan berlangsung (biasanya setelah 50-200 jawaban), Anda ingin berhenti. Anda akan merasa lelah dan akan meningggalkan latihan tersebut kemudian melakukan hal yang lainnya. Itu suatu hal yang wajar. Lawan dan hadapi kelelahan ini dan tetap menulis. Hadapi kemalasan ini karena pasti akan terlewati.

Anda mungkin akan menemukan beberapa jawaban yang menimbulkan sedikit getaran emosi, tapi tidak cukup untuk membuat Anda menagis – kata-kata itu hanya akan sedikit menyentuh. Tandai jawaban-jawaban itu sebelum Anda melanjutkan, jadi ketika Anda menemukan jawaban yang lebih baik Anda dapat membandingkan atau menghubungkannya. Lanjutkan. Ini sangat penting untuk melakukan kegiatan ini sendiri, tanpa tekanan dan gangguan. Jika Anda bingung Anda dapat memulai dengan jawaban, “Saya tidak punya tujuan” atau “Hidup ini berarti”, ambil dan bawa jawaban tersebut, dan Anda akan menemuka jawaban sebenarnya secepatnya.

Ketika saya melakukan latihan ini, saya memerlukan waktu sekitar 25menit, dan menemukan jawaban akhir pada jawaban yang ke 106. Saya mengalami getaran-getaran emosional pada jawaban 17, 39, dan 53, dan getaran paling besar terasa pada jawaban yang ke 100-106. Saya merasa tertekan (ingin mengakhiri dan melakukan kegiatan lain, memikirkan proses yang gagal, merasa tidak sabar, dan kesal) pada jawaban 55-60. Pada jawaban yang ke80 Saya beristirahat sejenak sekitar 2 menit, Saya memejamkan mata, menenangkan diri, membersihkan pikiran, dan fokus untuk menemukan jawaban yang sebenarnya – istirahat sangat membantu untuk menemukan jawaban yang lebih jelas.

Inilah beberapa jawaban-jawaban akhir saya: untuk hidup secara sadar dan dan berani, mencintai dan menyayangi sesama, untuk menghidupkan jiwa dalam berhubungan dengan sesama, menjalani hidup dengan damai, dan lain sebagainya.

Ketika Anda menemukan jawaban yang unik tentang tujuan mengapa Anda hidup, Anda akan merasa terharu. Kata-kata tersebut akan mempunyai sesuatu energi yang spesial bagi Anda, dan Anda akan merasakan energi tersebut ketika Anda membacanya.

Menemukan tujuan hidup adalah bagian termudah. Hal yang paling sulit adalah menjaga tujuan hidup tersebut dalam keseharian Anda dan membuatnya bekerja pada diri Anda.

Jika Anda bertanya kenapa hal kecil ini bekerja, taruhlah jawaban disamping ketika Anda telah menyelesaikan latihan ini. Sekali Anda menyelesaikan latihan tersebut, mungkin Anda akan menemukan jawaban Anda tentang mengapa ini dapat bekerja. Kemungkinan jika Anda bertanya kepada 10 orang yang melakukan latihan ini (dan berhasil menyelesaikannya), Anda akan menemukan 10 jawaban yang berbeda, semua tergantung pada pribadi masing-masing, dan pada setiap orang akan mengandung refleksi dari kenyataan hidup mereka.

Jelas, proses ini tidak akan bekerja jika Anda berhenti sebelum selesai. Saya berpendapat bahwa 80-90% akan menemukan jawabannya kurang dari satu jam. Tetapi jika Anda orang yang keras kepala mungkin Anda tidak akan tahan dan tidak dapat menyelesaikan proses dalam latihan ini, mungkin akan butuh beberapa 2 atau 3 jam, tapi Saya yakin Anda akan berhenti lebih cepat (mungkin pada 15 menit pertama) atau tifak akan pernah mencobanya. Tetapi jika Anda tertarik membaca blog ini, Anda bisa berlangganan. Semoga bermanfaat. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar